Cara Aman Menggunakan E-Mail

Cara Aman Menggunakan E-Mail

E-mail merupakan sebuah surel (surat elektronik) yang membuat kita lebih mudah dalam mengirimkan sebuah pesan/mail, kita dapat mengirimkannya via device yang terhubung pada suatu internet, jadi tidak perlu repot-repot lagi ke kantor pos.

Akun E-mail

Akun sebuah e-mail dapat didapatkan di beberapa sumber yaitu bias dari yahoo!, gmail, mail  dan yang lainnya. Tapi, saya lebih sarankan menggunakan gmail. Karena kelihatannya gmail lumayan aman untuk kita pakai, kecuali terkena phising.

Apa Itu Phising?

Phising merupakan sebuah methode yang biasa digunakan oleh para hacker dalam hack sebuah akun seperti game, social media, dll. Biasanya, modus seperti ini dilancarkan dengan membuat sebuah website tertentu (Cheat games, Autolike, Autofollowers) yang diperuntukkan bagi si korban mengisi identitasnya, tapi tetap saja yang diincar oleh si pelaku adalah E-mail dan Passwordnya.

Setelah mendapat E-Mail dan Password tersebut, si pelaku akan langsung menggantinya. Biasanya, ada tambahan script agar si pelaku tidak perlu repot-repot mengganti password dan memeriksa apakah ada korban yang terkena phising atau tidak, namun yang paling umum adalah pemberitahuan via E-Mail.

POP dan SMTP

Setelah, kamu mengetahui alamat e-mailnya. Sekarang, kita harus tahu, bagaiman e-mail dapat masuk dan dapat dikirim keluar.
Sebenarnya, e-mail yang masuk itu berasal dari sebuah computer bernama POP Server, atau nama lainnya adalah pop.smallnetwork.net atau mail.smallnetwork.net.
E-Mail yang keluar akan dikirim ke sebuah computer bernama SMTP Server. Server ini, bernama smtp.smallnetwork.net
Ketika kamu membuka client e-mail yang dipilih, ada beberapa fakta yang harus diketahui.

  1. Client dibuka dengan menggunakan POP Server
  2. Client mengirimkan Passwordmu ke POP Server
  3. POP Server mengirimkan e-mail ke komputer local kamu
  4. Client mengirimkan e-mail kamu yang keluar ke SMTP

Cara Memakai E-Mail dengan Aman: Dalam Menerima E-Mail

Banyak sekali orang yang menggunakan e-mail untuk mempermudah dalam berkomunikasi. Namun, kita juga harus tahu bahwa e-mail rentan terhadap hacking.

Spam dan Phising

Semua orang sangat ingin mendapatkan e-mail dari seseorang. Dulu kamu pernah mendapat e-mail dari orang yang jauh di sana, dan sekarang kamu mendapat e-mail dari seseorang yang tidak dikenali asal-usulnya menawarkan pada kamu sebuah software, drugs, dan yang lainnya selama puluhan kali bahkan ratusan, atau mungkin ribuan.

Nah, hal tersebut lah, yang disebut dengan Spam. Untuk Phising, sudah saya jelaskan di atas. Tapi, ingat, Jangan pernah klik link yang menurut kamu mencurigakan. Lihat saja dari domainnya.

HTML E-Mail

Salah satu yang biasa digunakan oleh HTML yang berasal dari E-mail adalah Web Bugs. Apa itu Web Bugs? Web Bugs merupakan sebuah file tersembunyi di dalam e-mail ke pengirim berupa link dan kita bisa membuka e-mail tersebut.

Cara Memakai E-Mail dengan Aman: Dalam Pengiriman E-Mail

Mungkin dalam hal pengiriman akan sedikit terbebas dari hal tadi. Ada hal yang perlu diketahui, agar percakapan kamu aman dan terjaga dari siapa pun. Yang paling utama, pastikan koneksi internet kamu aman. Karena, ada beberapa method yang membuat pesan kamu ditandai oleh seseorang yang ingin mencuri informasi dari kamu.

Sertifikat Digital

Sebuah Sertifikat Digital sangatlah berguna, layaknya sebuah passport, sertifikat ini terdapat 2 bagian. Yaitu Public (Umum) dan Private (Pribadi). Sertifikat ini diketahui telah dipercaya oleh Certificate Authority, atau CA. Jika kamu ingin menggunakannya dengan Windows Update masuk ke tools>internet options>content>certificates.

Tanda Tangan Digital

Tanda Tangan Digital dibuat oleh Software E-Mail kamu dan Private Key (Kunci Pribadi) untuk men-sahkan e-mail kamu. Tujuan tanda tangan digital ini terbagi menjadi 2, yaitu dari diri kamu sendiri untuk memastikan e-mail tersebut asli milik kamu dan untuk tujuan pengamanan data.

Connection Security (Keamanan Internet)

Terakhir, adalah Keamanan Internet. Untuk sebuah Web Mail, pastikan menggunakan SSL Connection ke E-Mail ISP kamu. Sebuah Icon Bergambar Kunci berukuran kecil akan muncul di bar tepatnya di bawah browser kamu, sehinggan internet kamu tetap aman.

Ternyata, banyak sekali yang masih kita tidak ketahui bahkan dari sebuah e-mail yang biasa kita gunakan. Mungkin masih banyak lagi hal yang belum kita ketahui.

Semoga Artikel yang saya buat ini memberi manfaat dan ilmu yang lebih untuk kamu bagikan lagi dan praktekkan, karena kita tidak akan maju dan pintar apabila tidak saling membantu dan memberitahu satu sama lain.
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==