Cara Menghemat Kuota Data Android dalam 3 Langkah Praktis

Cara Menghemat Kuota Data Di Android



 Anda pengguna android? apakah Anda menghabiskan data puluhan atau bahkan ratusan megabyte perharinya hanya untuk hal yang tidak terlalu penting? berikut ini saya akan memberikan tips & trik agar kuota smartphone tidak cepat habis.
setelah melakukan tips di bawah ini anda bisa menghemat kuota data hingga 50% dari sebelummnya.
Cara menghemat kuota yang akan kita bahas kali ini ada 2 pilihan yaitu, metode yang pertama menggunakan metode manual, sedangkan yang kedua dengan metode bantuan aplikasi pihak ketiga.


1. Tips Pertama.
tips yang pertama agar kuota anda lebih irit yang akan saya share dibawah ini mempunyai syarat yaitu, anda diwajibkan untuk melakukan opsi berikut ini pada smartphone anda.

1). Install aplikasi seperlunya. jangan gunakan aplikasi yang memakan kuota banyak saat smartphone anda dalam keadaan stanby seperti Instagram, dan twitter ada kalanya anda harus memanage penggunaan Data paket dengan menonaktifkan jaringan data ketika ponsel sedang tidak digunakan.

2). alternatif lain adalah dengan mematikan penggunaan Aplikasi yang berjalan di latar belakang, atau membatasinya. untuk melakukan hal ini, anda bisa langsung menuju ke menu Pengaturan pada smartphone anda pilih Penggunaan Data, disana terdapat data aplikasi mana saja yang menggunakan jaringan data internet. kemudian cari aplikasi yang paling banyak menggunakan data misalkan BlackBerry Messenger lalu scroll kebawah klik dan centang pada bagian  "Batasi latar belakang".


dengan cara ini Anda bisa menghemat 50% Penggunaan data jaringan internet yang tentunya akan membuat kuota internet yang anda gunakan menjadi lebih irit dan dapat digunakan lebih lama untuk berselancar di internet.
3). Aktifkan Peringatan penggunaan data internet.
masih dimenu pengaturan dan penggunaan data, di menu tersebut anda akan melihat diagram penggunaan data dari hari kehari, disana juga terdapat garis horizontal, garis tersebut berfungsi untuk mengatur rasio penggunaan data. jika anda menetapkannya pada 1gb maka ketika penggubaan data jaringan anda sudah mencapai 1gb maka akan ada pesan peringatan yang muncul pada navigasi bar smartphone anda. pada saat itu terjadi anda bisa mengatur ulang mode peringatan penggubaan menjadi lebih tinggi untuk menghilanhkan perjnfatan tersebut dan begitu seterusnya. dengan ini diharapkan anda mendasi lebih mawas diri dan tidak menggunakan kuota intenet yang terlalu berlebihan sehingga sedikit demi sedikit akan menguras isi dompet anda.

2. Menggunakan Aplikasi browser pihak ketiga untuk berselancar di internet.

Yang dimaksud dengan aplikasi pihak ketiga adalah, aplikasi yang berasal dari developer diluar Google Play tetapi secara langsung aplikasi tersebut support dengan Smartphone Android.
aplikasi pihak ketiga seperti browser operamini atau ucmini, browser seperti ini dipilih karena mempunyai fitur yang bisa mengoptimalkan browsing sehingga lebih cepat dan tidak menggunakan terlalu banyak kuota data.






setelah membaca tips diatas, kesimpulannya adalah jika anda ingin lebih lama untuk berselancar di internet hal yang dapat anda lakukan adalah membatasi diri anda untuk tidak berlebihan menggunakan data jaringan. sekian, semoga bermanfaat.



close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==