Cara Mengembalikan IMEI pada Android MediaTek 3

Cara Mengembalikan IMEI pada Android MediaTek 3

Beberapa orang terutama android user pasti setidaknya pernah mengalami IMEI Android yang hilang bukan? IMEI yang hilang ini terjadi karena beberapa faktor, sehingga membuat IMEI Android menjadi Invalid atau hilang.

Umumnya, IMEI pada Android hilang setelah si pengguna melakukan Hard Reset, Flash, Root dan masih banyak lagi. Namun kebanyakan IMEI hilang karena HH atau android yang digunakan telah di-root.

IMEI yang hilang ini sendiri kerap dialami oleh pengguna Android yang menggunakan sebuah chipset berbasis MediaTek dan chipset lainnya.

Untuk pembahasan kali ini, saya akan memberikan sebuah tips untuk mengembalikan IMEI Android yang hilang bagi pengguna chipset MediaTek.

IMEI merupakan singkatan dari International Mobile Equipment Identity, yang mana sudah pasti dimiliki oleh seluruh HH Android di seluruh dunia.

Nomor IMEI sendiri biasanya terdiri dari 15 atau mungkin 16 digit. Operator Seluler menggunakan IMEI guna melakukan proses identifikasi perangkat yang terdaftar pada jaringan operator seluler tersebut.

Cara Cek IMEI di Android



Jika kamu ingin mengetahui nomor IMEI Android yang kamu gunakan, caranya benar-benar mudah, silahkan masuk ke Settings > About Phone > Status atau kamu juga dapat mencobanya dengan mengetikkan *#06#


Selain cara di atas, kamu juga dapat melihat nomor IMEI pada Android dengan melihatnya pada kotak atau box kemasan produk Android yang kamu beli.

Fungsi IMEI

Banyak sekali orang yang tidak menganggap penting IMEI, padahal IMEI ini memiliki peran yang cukup penting. IMEI ini berfungsi jika suatu saat smartphone hilang karena terjatuh atau mungkin tertinggal di suatu tempat, bahkan jika smartphone dicuri.

Jika hal tersebut benar-benar terjadi, maka kamu bisa langsung mendatangi gerang operator seluler yang biasa kamu kunjungin dan berikanlah nomor IMEI serta kartu yang digunakan.

Setelah itu, smartphone kamu pun sudah dapat dilacak dan perangkatnya pun dapat dikunci untuk sementara waktu.

Cara Mengembalikan IMEI Android MediaTek

Untuk mengembalikan IMEI yang hilang, diperlukan beberapa persayaratan yang harus kamu penuhi, diantaranya:

Android telah di Root

Silahkan kamu unduh MTK Engineering Mode di Google Play Store, kemudian cobalah akses menu Engineer Mode dengan cara mengetikkan kode *#*#3646633#*#*

Apabila persyaratan di atas sudah kamu lakukan, sekarang kamu siap untuk ke langkah selanjutnya, berikut langkah-langkahnya:

Setelah kamu berhasil memasang aplikasi MTK Engineering Mode di android kamu, bukalah aplikasi tersebut

Pilihlah menu MTK Settings

Setelah itu, kamu akan melihat tab Connectivity. Klik Connectivity, lalu pilihlah CDS Information Lalu, kamu pilihlah Radio Information.

Nanti, kamu akan melihat tulisann AT+. Isilah AT+ tersebut dan tambahkan menjadi AT+EGMR=1,7,”Isi IMEI SIM Card Kamu”, contoh jika IMEI kamu adalah 0987654321, maka hasilnya menjadi AT+EGMR=1,7”0987654321”.

Selanjutnya, klik Send at Command. Jika berhasil akan muncul notifikasi AT Command is sent

Restart Android

Saat Android menyala kembali, silahkan kamu cek IMEI pada android yag kamu gunakan. Jika berhasil, kamu akan melihat IMEI ka
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==