Faktor Yang Terjadinya Bounce Rate

Faktor Yang Terjadinya Bounce Rate

Bounce Rate merupakan rasio pentalan jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja pada sebuah blog. Bounce Rate ini dihitung dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

Bounce Rate = (Jumlah pengunjung yang hanya membuka satu halaman/total jumlah kunjungan) x 100%

Penjelasannya seperti ini, misalkan dalam satu bulan blog kalian memilliki 1.000 pengunjung, sedangkan pengunjung yang hanya membuka satu halaman saja yakni sebanyak 500 pengunjung. Jadi, nilai Bounce Rate kalian adalah (500/1.000) x 100% = 5%

Semakin besar rasionya, maka akan semakin buruk kualitas blognya. Sedangka semakin kecil rasionya, maka semakin baik kualitas blognya.

Faktor Tingginya Bounce Rate

Pasti kalian bertanya-tanya, apa yang membuat rasio Bounce Rate tinggi? Sebenarnya, ada beberapa faktor penyebabnya dan diantaranya merupakan terdapat sebuah faktor yang dibuat atas kekonyolan si pengunjung itu sendiri.

  1. Loading Blog sangatlah berat, sehingga membuat si pengunjung tak kuasa untuk menunggunya.
  2. Terlalu banyak Iklan, sehingga membuat si pengunjung malas untuk eksplor blognya lebih jauh lagi. Selain mengganggu, juga membuat loading blognya menjadi lambat.
  3. Pengunjung Tidak Sengaja menekan tombol Close Tab pada browsernya.
  4. Kena Direct ke blog lain, akibat iklan yang terdapat pada blog.

Apa Saja Faktor yang Mempengaruhi Bounce Rate?

Hal yang perlu diperhatikan mengenai Bounce Rate yakni:

Loading Blog

Loading Blog merupakan faktor yang sangat mempengaruhi rasio bounce rate pada blog. Karena faktanya, jika blog kira sangat berat (Overload) kemungkinan besar pengunjung akan meninggalkan blog kita. Sedangkan jika blog kita ringan untuk diakses, otomatis pengunjung akan betah berlama-lama di blog kita, dan rasio bounce rate pun akan turun. Untuk mengetahui blog berat atau tidak, silahkan kunjungi situs PageSpeed Insights lalu masukan url blognya.

Content Quality (Kualitas Konten)

Konten yang berkualitas, mencerminkan sebuah blog yang berkualitas pula, dan jika pengunjung mengetahui bahwa blog kita berkualitas maka mereka pun akan betah untuk membaca seluruh artikel di blog kita. Sedangkan, jika konten tidak berkualitas, mencerminkan sebuah blog yang tidak berkualitas pula, bahkan pengunjung pun malas untuk membacanya.

Maksud dari Konten yang berkualitas ini, diperhatikan dari gaya bahasa, format penulisan, susunan artikel yang rapi dan masih banyak lagi. Ingatlah satu hal, jangan pernah melakukan Copy Paste artikel, dan buatlah sesuatu yang berbeda dengan yang lainnya.

Internal Linking

Internal Linking merupakan sebuah link dari satu artikel blog yang bertujuan untuk memancing pengunjung menuju artikel lain di pada blog yang sama. Kenapa hal ini mampu mengurangi rasio bounce rate? Karena dengan cara ini para pengunjung akan lebih mudah lagi mencari artikel menarik lainnya yang ada di blog kita, contohnya seperti Recent Post, Related Post dan Popular Post.

Sebenarnya, masih banyak faktor terjadinya bounce rate, hanya saja yang umum terjadi adalah beberapa hal di atas.
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==