Penjelasan Singkat HTML

Penjelasan Singkat  HTML

Mungkin diantara kalian ada yang masih belum tahu dengan HTML. HTML ini sangatlah umum digunakan untuk membuat sebuah template.

Penjelasan HTML

HTML merupakan singkatan dari Hypertext Markup Language, dikatakan hypertext karena kemampuan dari text itu sendiri sangatlah memiliki fungsi yang beragam. Contohnya, membuat sebuah text tersebut menjadi link, sehingga mampu berpindah ke halaman lain hanya dengan klik text tersebut.

Selain menggunakan text, HTML juga diperlukan untuk menggunakan sebuah Markup Language, yang berarti diperlukan untuk memakai sebuah tanda dalam menandai beberapa bagian pada suatu text. Penggunaannya dapat dicirikan dengan text tebal jika diapit dengan tanda tertentu, sedangkan jika pada tanda lain akan terlihat besar. Itulah namanya HTML tag.

Perwujudan HTML itu sendiri dapat kalian lihat dengan melakukan Inspect Element atau View Page Source pada browser yang digunakan, lalu nantinya akan muncul sebuah halaman baru berisi kode-kode HTML dari halaman yang sedang kalian buka.

HTML ini digunakan sebagai bahasa pemrograman dasar dalam pembuatan web. Jika kalian hanya menggunakan HTML saja, memang akan terlihat cukup kurang dalam sisi tampilan web tersebut. Maka dari itu, dalam membangun sebuah website nanti juga kalian akan belajar mengenai CSS, PHP, Javascript dan lain-lain, guna memanipulasi kode HTML tersebut.

Modal Dasar HTML Dalam Pembuatan Website

Untuk modal dasar yang perlu kalian ketahui bahkan perlu kalian miliki diantaranya:

01. Pastikan Memiliki Web Browser

Mungkin, kalian bertanya-tanya. Untuk apa Browser Web? Bukannya kali ini kita akan belajar HTML? Perlu kalian ketahui, bahwasanya web browser ini merupakan sebuah software yang digunakan sebagai penerjemah informasi yang berasal dari web.

Salah satu dari informasi tersebut dibuat dengan HTML. Kode HTML buatan kalian nantinya akan diterjemahkan dengan menggunakan web browser, sehingga dapat kalian lihat apakah rancangan yang dibuat sudah bagus atau masih kurang.

Untuk web browser-nya itu sendiri, kalian bisa bebas untuk menggunakan browser apapun. Baik itu Chrome, Mozilla, Opera Mini dan lain-lain, semuanya sama.

02. Pastikan Memiliki Software Text Editor

Setelah web browser, sekarang yang kalian butuhkan adalah software text editor yang menurut kalian bagus, yang mana nantinya dengan menggunakan text editor kalian akan merancang HTML tersebut.

Dari sekian banyak text editor, saya sendiri akan memberikan beberapa saran software text editor yang direkomendasikan dalam merancang sebuah HTML. Diantaranya:

a. Notepad++

Meskipun dalam pembuatan HTML menggunakan Notepad saja sudah cukup. Akan tetapi, nantinya dengan menggunakan notepad akan terlihat lebih sulit dalam proses pembuatannya, karena dengan notepad kalian akan diberikan sebuah interface yang benar-benar polos.

Dalam pembuatan HTML, tidak direkomendasikan untuk menggunakan sebuah notepad bawaan dari Windows, jika kalian hendak merancang HTML ada baiknya menggunakan Notepad++ yang mana software tersebut pun dapat kalian download secara gratis di web resminya.

Notepad++ merupakan salah satu text editor gratis yang menawarkan banyak sekali fitur, salah satu fitur tersebut adalah berupa pewarnaan dalam kode atau biasa dikenal sebagai syntax highlighting. Fitur tersebut akan membantu sekali pada saat proses pembuatan HTML.

b. Dreamweaver

Jika kalian tidak ingin ribet membuka web browser. Maka, dreamweaver sangatlah direkomendasikan untuk membuat atau mengedit HTML. Software ini menyediakan banyak sekali fitur dan juga mendukung langkah pembuatan sebuah web melalui HTML.

Software Dreamweaver ini dapat membantu kalian dalam pengerjaannya, karena secara langsung kalian juga dapat melihat hasilnya secara real-time dengan software tersebut. Jadi, tidak perlu repot-repot membuka web browser. Setelah kalian memiliki keseluruhannya, kalian telah siap untuk belajar HTML.
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==