Apa Itu Internet Marketing

Apa Itu Internet Marketing

Sekarang, zaman sudah semakin canggih, setiap hal yang biasa dilakukan sehari-hari, dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah lagi, salah satunya adalah berdagang. Saat ini, ramai sekali masyarakat di Indonesia yang memulai langkah lebih jauh dengan mencoba yang namanya internet marketing, sehingga berdagang pun menjadi lebih mudah lagi.

Internet marketing ini merupakan sebuah bentuk dari pemasaran dan periklanan dengan melalui atau via media online atau internet untuk mengirimkan pesan-pesan promosi suatu produk atau jasa kepada konsumennya. Internet ini adalah salah satu media yang benar-benar sangat menguntungkan untuk memberikan informasi kepada para pengguna internet, juga sangat bagus untuk dijadikan tempat berdagang.

Internet sudah menjadi salah satu lifestyle di Indonesia, terutama bagi yang memiliki gadget dan teknologi terbaru. Hampir seluruh orang sudah memiliki smartphone, bahkan tukang baju pun sudah memiliki smartphone untuk melangsungkan promosi di internet.

Dalam menjalankan internet marketing, untuk mendapatkan penghasilan kamu dapat melakukan beberapa tipe bisnis, seperti Menjual Produk Sendiri, PPL (Pay Per Lead), PPC (Pay Per Click), PPS (Pay Per Sale) dan bisnis lelang online.

01. Menjual Produk Sendiri

Menjual suatu produk lewat internet bukanlah sesuatu yang bisa dikatakan luar biasa, kamu dapat menjual apapun dengan internet, baik itu produk berbentuk fisik maupun berbentuk digital. Selain daripada itu, bisnis offline milik kamu dapat dipasarkan melalui internet yang bersifat global, sehingga kamu dapat meraup keuntungan lebih banyak lagi.

Selain menjual produk milik kamu sendiri, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan dengan cara menjual produk milik orang lain, baik itu berbentuk fisik maupun digital. Salah satu proses internet marketing iala dengan cara menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain.

02. PPL (Pay Per Lead)

PPL ini merupakan program affiliasi dimana si penjual akan memberikan komisi setiap kali kamu berhasil mengirimkan leads kepada penjual. Seperti kamu berhasil mengarahkan pengguna internet untuk mendaftar pada email newsletter, mengisi formulir dan masih banyak lagi dengan melalui link affiliasi kamu.

03. PPC (Pay Per Click)

PPC ini banyak dilakukan oleh pemilik website atau blog untuk mendapatkan penghasilan dari situs mereka. Penghasilan yang didapat dari PPC ini berasal dari klik yang dilakukan oleh visitor atau pengunjung yang tertarik pada sebuah iklan yang dilakukan oleh pengunjung situsnya, harga perkliknya sudah ditentukan terlebih dahulu oleh pengiklan atau advertiser.

Berikut beberapa perusahaan yang menawarkan PPC, yakni:

Google Adsense
Infolinks
Bidvertiser
Chitika dan masih banyak lagi

04. PPS (Pay Per Sale)

Dari namanya saja sudah terlihat, dan dapat kamu mengerti. Kamu akan dibayar setiap kali terjadi pembelian produk yang berasal dari link affiliasi milik kamu. Besarnya penghasilan sangatlah tergantung pada banyaknya barang yang dijual dan juga rate persentase komisi dari pemilik barang tersebut.

Berikut beberapa perusahaan yang menawarkan PPS, yakni:

  • Amazon
  • Clikbank dan masih banyak lagi

05. Lelang Online

Di internet ada banyak tempat untuk menjual sesuatu yang kamu miliki atau milik orang lain yang kamu bantu menjualkan barangnya dengan cara lelang.

Berikut beberapa perusahaan yang menawarkan lelang online, yakni:

  • eBay
  • Flippa dan masih banyak lagi

Sekarang, kamu sudah tahu apa itu internet marketing, semoga dengan mengetahui informasi ini kamu juga bisa memanfaatkannya dengan baik.
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==