5 Cara Bagaimana Mengatasi Ponsel Android Yang Lemot

5 Cara Bagaimana Mengatasi Ponsel Android Yang Lemot

   Handphone canggih yang menjadi primadona masyarakat di Indonesia selama beberapa tahun ini. pasalnya Selain dapat digunakan untuk berkomunikasi, ponsel cerdas ini mempunyai banyak sekali kelebihannya salah satunya seperti touchscreen atau layar sentuh sehingga lebih memudahkan pengguna dalam mengexplore fitur-fitur yang ditawarkannya. Selain fisiknya yang berbeda banyak juga software-software pendukung pengoprasian system Android yang menjadikan pengguna betah berlama-lama bermain gadget.




  Kendati memiliki fitur segudang, tetap saja sang Raja pasar smartphone yang sukses menjadi nomor satu di Indonesia ini mempunyai masalah Baik itu yang ditimbulkan oleh handphone itu sendiri ataupun kesalahan dalam penggunaanya.

   Dan salah satu masalah yang paling menjengkelkan adalah Lemot/ Lelet bin Lola nah jika Anda sering mengalami hal ini, jangan khawatir karena Setidaknya ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi Android lemot yaitu,


1. Reboot

   Reboot dalam pengertian bahasa software berarti melakukan restart ulang atau meloading ulang dari awal sistem operasi yang berjalan di suatu perangkat elektronik, baik itu ponsel maupun Personal computer. Reboot atau restart handphone dapat menjadikan smartphone Anda kembali fresh selain itu ini juga dapat membuat seluruh aplikasi yang tidak sengaja hidup atau hidup dengan sendirinya dapat di stop dan membuat kinerja Ponsel lebih efektif. melakukan reboot atau restart ulang suatu ponsel memang sangat diperlukan untuk menjaga kestabilan sisstem android itu sendiri.


2. Istirahatkan Smartphone

   Sama juga dengan sistem oprasi yang telah di gunakan pada perangkat desktop, sistem oprasi yang di gunakan oleh smartphone juga akan mengalami penurunan kinerja kalau di gunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah, pada penurunan kinerja tersebut di tunjukan dengan ciri lambatnya proses kinerja smartphone yang anda miliki atau di sebut juga dengan lemot atau lelet.

3. Buang Aplikasi yang jarang dipakai

   Semakin banyak aplikasi yang telah di instal secara tidak sadar kinerja smartphone android anda akan mengalami penurunan. Oleh karena itu hapuslah aplikasi yang sekiranya anda jarang di pergunakan. Selain dapat membuat Handphone Android anda kembali cepat, ini juga dapat melonggarkan memori internal sehingga smartphone Anda memiliki umur yang panjang.



4. Bersihkan Memori browser

   Membersihkan memory browser terbilang cukup penting, dengan bersihnya cache dan history akan membuat kinerja ponsel dapat lebih baik.

   Menghapus memori browser dapat dilakukan pada menu pengaturan » Aplikasi » (pilih browser) » hapus data.


5. Kembalikan ke setelan Pabrik

   Dengan melakukan Reset Data Factory akan mengembalikan Android Anda dalam kondisi lebih “fresh” dan kembali pada setelan awal. Karena bisa jadi gadget Android Anda terlampau banyak menginstall aplikasi yang sebenarnya jarang Anda gunakan. Langkah ini sebaiknya Anda lakukan jika setelah mencoba 4 cara diatas namun ponsel Android anda masih terasa lelet.

   Sebelum melakukan reset pada smartphone, ada 3 hal yang harus anda lakukan :


1). Salin semua kontak yang ada di buku telepon ke simcard. Ini bertujuan agar tidak kehilangan Nomor atau kontak yang penting.


2). Periksa Galery

   Selanjutnya Anda diwajibkan untuk memeriksa Gallery. Tentunya Anda tidak ingin kehilangan momen-momen indah yang sudah diabadikan menjadi video atau foto bukan. Nah maka dari itu periksa gallery smartphone Anda, kemudian pindahkan momentum indah Anda yang ada di memori internal ke memory external. (kartu memori)


3). Untuk melakukan factory reset ada 2 cara yaitu dengan softreset dan Hard reset.

   Softreset  berada di menu pengaturan. Dan Untuk hardreset biasanya melakukan reset 3 jari. Hardreset Sebaiknya digunakan saat keadaan darurat atau ketika Anda tidak bisa melakukan softreset.

   Seperti yang sudah kita ketahui bahwa tidak akan ada asap jika tak ada api, hal ini juga berlaku untuk smartphone android yang lelet. Nah maka dari itu ada baiknya kita menghindari hal-hal Berikut ini yang menjadi penyebab Hape Android lemot :


Penyebab yang Pertama adalah karena Banyaknya Aplikasi yang diinstal

Handphone canggih seperti ini pasti mempunyai banyak developer yang memuat software, baik itu Aplikasi ataupun Game tentu ini membuat kita ingin mencoba semuanya Dan terkadang kita juga lupa untuk Uninstal aplikasi atau Game yang sudah didownload lalu jarang dimainkan Hal ini dapat menyebabkan memori internal Penuh yang pada akhirnya akan terasa lelet saat menggunakannya.


2. Terlalu Lama di Pake


Fitur Android memang membuat penggunanya menjadi ketagihan dan sukar untuk melepas smartphonenya. terlalu lama memakai ponsel selain tidak baik untuk kesehatan Anda, ini juga akan berdampak buruk pada kinerja ponsel Android. Maka dari itu istirahatkan ponsel pintar anda selama beberapa menit dan Disarankan untuk menyimpannya ditempat yang tidak lembab agar dapat menjaga kesehatan ponsel Anda.




Nah itulah Cara mudah mengatasi Android lelet. Sekian yang dapat saya share kali ini, Semoga bermanfaat.

close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==