Sejarah Singkat Pemrograman

Sejarah Singkat Pemrograman

Beberapa orang mungkin tahu apa itu pemrograman. Namun, apakah kamu tahu apa pemrograman itu sendiri? Pemrograman merupakan sebuah proses menulis, memperbaiki serta menguji (debug) dan juga memelihara kode yang membanngun suatu program komputer.

Kode-kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograan. Tujuan dari bahasa pemrograman ini adalah untuk memuat suatu program yang mampu melakukan perhitungan atau pekerjaan yang sesuai dengan kemauan si pemrogramnya.

Jika kamu ingin melakukan pemrograman, sangat diperlukan keterampilan dalam algoritma, logika, bahasa pemrograman dan pada banyak kasus lainnya seperti halnya matematika.

Pemrograman merupakan suatu seni dalam menggunakan satu atau lebih algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu, sehingga menjadi sebuah program komputer.

Suatu bahasa pemrograman yang berbeda, mendukung gaya pemrograman yang berbeda pula. Gaya pemrograman ini biasa dikenal dengan paradigma pemrograman.

Pemrograman yang baik, biasanya menggabungkan tiga hal, yakni seni, ilmu dan teknik agar dapat menciptakan program yang efisien, baik dari sisi ketika dijalankan (run time) atau mungkin memory yang digunakan.

Sejarah Pemrograman

Pada tahun 1940, ada bahasa pemrograman yang pertama kali muncul sebelum adanya komputer modern, artinya bahasa pemrograma ini lebih tua dari komputer itu sendiri.

Pada awal kemunculannya sendiri, bahasa pemrograman masih dalam bentuk kode-kode bahasa mesin. Bahasa mesin merupakan bahasa yang terdiri atas kode-kode mesin dan hanya dapat diinterpretasikan langsung oleh mesin komputer.

Bahasa mesin ini tergolong sebagai bahasa tingkat rendah, karena hanya berupa kode 0 dan 1 seperti disampaikan pada bagian atas dan dikenal sebagai kode biner.

Akan tetapi, bahasa mesin ini diketahui banyak kesulitan untuk pengembangan dan perbaikan pada program yang dibuat ketika itu. Akhirnya, komputer bertenaga listrik pun dibuat dengan kecepatan yang terbatas dan kapasitas memory yang hanya cukup untuk memprogram.

Lalu, terciptalah bahasa assembly. Bahasa assembly ini adalah simbol dari bahasa meisn. Setiap kode bahasanya memiliki simbol tersendiri. Misalnya untuk memindahkan isi data adalah Move, untuk penjumlahan adalah Add dan masih banyak lagi.

Setelah itu, pada tahun 1950 hingga 1960-an, dibuatlah bahasa pemrograman modern yang telah tersebar luas hingga saat ini. Bahasa ini menggunakan istilah yang mendekati bahasa manusia, seperti halnya Read untuk membaca, Write unntuk menulis dan sebagainya.

Selain itu, bahasa Tingkat Tinggi ini juga terdiri dari beberapa metode pemrograman, yaitu Procedural Programing dan Object Oriented Programing.

Letak perbedaannya yaitu, jika pada procedural programing program dijalankan dengan menggabungkan variable, prosedur-prosedur yang saling keterkaitan dan berjalan berurut, sedangkan pada OOP seluruh task dijalankan berdasarkan ke dalam object.

Itulah perkembangan pemrograman hingga akhirnya bahasa modern pada pemrograman tersebut sering dipakai oleh para programmer saat ini.
close
==[ Klik disini 2X ] [ Close ]==